Membentuk Guru Hebat, Pelatihan Perencanaan Pembelajaran Mendalam SMP Vidya Sasana Sukses Digelar

Membentuk Guru Hebat, Pelatihan Perencanaan Pembelajaran Mendalam SMPS VIDYA SASANA Sukses Digelar

Tanjung Balai Karimun, VIDYANews.id – Kualitas pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi salah satu fondasi penting bagi masa depan siswa. Untuk itu, pelatihan Perencanaan Pembelajaran Mendalam khususnya untuk guru SMPS Vidya Sasana telah sukses dilaksanakan Sabtu (16/8). Acara ini diselenggarakan oleh SMPS VIDYA SASANA yang di koordinir oleh Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum, yang menjadi pematerinya adalah Pengawas SMPS Vidya Sasana, bertujuan untuk membekali para pendidik dengan metode pengajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa saat ini.

Pembukaan Pelatihan Pembelajaran Mendalam Oleh Kepala Sekolah Dan Pengawas SMPS VIDYA SASANA

Transformasi Metode Mengajar Konvensional

Pelatihan ini dirancang untuk mengubah paradigma mengajar dari yang sebelumnya berfokus pada penyampaian materi (teacher-centered) menjadi pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered). Para peserta diajak untuk memahami pentingnya diferensiasi pembelajaran, yaitu menyesuaikan metode pengajaran, materi, dan penilaian agar sesuai dengan beragam gaya belajar dan tingkat pemahaman setiap siswa.

“Kami belajar bagaimana menyusun rencana pembelajaran yang tidak hanya sekadar memenuhi kurikulum, tetapi juga menstimulasi keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa,” ungkap Bu Melati Manurung (waka kurikulum SMPS Vidya Sasana), seorang guru Pendidikan Pancasila dari SMPS Vidya Sasana, salah satu peserta pelatihan. “Metode yang kami pelajari sangat praktis dan bisa langsung diterapkan di kelas.”

Materi Pelatihan yang Komprehensif

Selama kegiatan berlangsung, para guru mendapatkan materi yang padat dan interaktif, antara lain:

  • Penyusunan Tujuan Pembelajaran Holistik: Cara merumuskan tujuan yang tidak hanya menyentuh aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik.
  • Penggunaan Asesmen Formatif: Berbagai teknik penilaian yang berfungsi sebagai umpan balik berkelanjutan, membantu guru memantau kemajuan siswa secara real-time.
  • Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Pemanfaatan berbagai aplikasi dan platform digital untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis, seperti penggunaan kuis interaktif, video edukasi, dan proyek kolaboratif berbasis daring.

Seluruh materi disampaikan oleh fasilitator berpengalaman yang juga aktif sebagai pendidik. Sesi praktik dan diskusi kelompok menjadi bagian utama yang memungkinkan para guru untuk berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi di sekolah masing-masing.

Guru SMPS Vidya Sasana Saat Pelatihan

Harapan untuk Masa Depan Pendidikan

Pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pendidikan nasional. Diharapkan, setelah kembali ke sekolah, para guru dapat menjadi agen perubahan yang menginspirasi rekan sejawat untuk mengadopsi metode pembelajaran yang lebih efektif.

Dengan guru yang kompeten dalam merancang pembelajaran mendalam, diharapkan siswa SMP tidak hanya sekadar menghafal, tetapi juga mampu memahami konsep secara utuh, mengembangkan potensi diri, dan siap menghadapi tantangan di jenjang pendidikan berikutnya. Pelatihan ini adalah investasi penting untuk menciptakan generasi penerus yang cerdas, kreatif, dan adaptif.

Dokumentasi Pelatihan Perencanaan Pembelajaran Mendalam SMPS VIDYA SASANA

1 thought on “Membentuk Guru Hebat, Pelatihan Perencanaan Pembelajaran Mendalam SMPS VIDYA SASANA Sukses Digelar

  1. Semoga dengan adanya Pelatihan Pembelajaran Mendalam yang di laksanakan oleh SMPS Vidya Sasana mampu meningkatkan Kompetensi guru dan mengembangkan keterampilan profesional khusus nya untuk bapak dan ibu guru di SMPS Vidya Sasana..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *